6 Makanan untuk Menambah Berat Badan Bayi dalam Kandungan

6 Makanan untuk Menambah Berat Badan Bayi dalam Kandungan
Others

Pada umumnya asupan gizi yang diperlukan untuk ibu hamil jauh lebih banyak dibandingkan dengan biasanya. Terlebih lagi hal ini juga akan berpengaruh terhadap berat badan janin dalam kandungan yang berdampak pada kesehatannya. Sebenarnya bagaimana sih cara menambah berat badan bayi dalam kandungan? Pastikan Anda selalu mengonsumsi makanan berikut.

  • Susu Sebagai Sumber Kalsium untuk Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Selama masa kehamilan pastikan Anda selalu memenuhi asupan kalsium dengan rutin mengonsumsi susu setidaknya 200 hingga 500 ml setiap harinya. Tak hanya sebagai sumber kalsium saja, susu juga berpengaruh baik pada janin dalam kandungan baik dari berat badannya hingga pertumbuhan tulang dan gigi. Bahkan susu juga kaya akan protein dan vitamin A.

  • Ikan Salmon, Kaya akan Asam Lemak Omega 3

Tak hanya dipercaya sebagai makanan yang mampu membantu si kecil cerdas sejak dalam kandungan, ternyata ikan salmon juga bermanfaat untuk menambah berat badan janin lo. Pasalnya ikan salmon kaya akan asam lemak omega 3 yang memiliki peranan yang cukup penting seperti mengoptimalkan penglihatan hingga perkembangan otak sang buah hati.

  • Kacang Kedelai, Sumber Protein yang Baik untuk Ibu Hamil

Cara menambah berat badan bayi dalam kandungan selanjutnya adalah dengan rutin mengonsumsi kacang kedelai. Pasalnya ada beberapa jenis kacang kedelai yang bermanfaat untuk menambah berat badan janin. Tak hanya itu saja, kacang kedelai juga kaya akan kalsium yang bermanfaat untuk membantu pembentukan jaringan bayi dalam kandungan.

  • Daging Ayam Tanpa Lemak, Sumber Zat Besi yang Baik

Agar asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil terpenuhi dengan baik, Anda juga bisa mengonsumsi daging ayam tanpa lemak dengan rutin ya. Kandungan zat yang terkandung dalam makanan yang satu ini bermanfaat untuk membantu perkembangan otak dan sel janin. Tak hanya itu saja daging ayam juga kaya akan zat besi untuk pembentukan sel darah merah.

  • Sayuran Berwarna Hijau Seperti Brokoli dan Bayam

Demi menambah berat badan janin, ternyata Anda juga harus rutin mengonsumsi sayuran berwarna hijau gelap seperti brokoli dan bayam. Pasalnya sayuran berwarna hijau gelap ini tinggi akan zat besi dan banyak menyediakan mineral, vitamin, dan antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah gangguan selama masa kehamilan.

  • Kentang Rebus, Sumber Karbohidrat Pengganti Nasi

Tak hanya dapat dijadikan sumber karbohidrat baik pengganti nasi saja, namun kentang juga kaya akan asam folat yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Jika Anda sedang tak ingin mengonsumsi nasi, maka gantilah dengan kentang. Meski begitu Anda perlu memperhatikan teknik memasak kentang dengan benar agar nutrisi yang terkandung di dalamnya tidak hilang.

Nah, di atas merupakan beberapa cara menambah berat badan bayi dalam kandungan. Dengan rutin mengonsumsi berbagai makanan di atas maka kesehatan Anda dan janin akan tetap terjaga. Meski begitu Anda harus tetap cek kehamilan secara rutin. Agar kehamilan Anda dapat berjalan dengan baik, dapatkan tips menarik lainnya hanya di orami.co.id.

shares