Buat Rumah Minimalis dengan Mushola? Tiru Contoh Ini!

Rumah Minimalis dengan Mushola
Property

Sebagai orang yang agamis, tentunya tak ada salahnya membuat rumah ibadah seperti mushola di dalam rumah Anda, kan? Meski desain rumah yang dimiliki adalah model rumah minimalis, Anda tetap bisa membangun rumah ibadah ini. Kalau bingung seperti apa desainnya, Anda bisa contoh beberapa desain rumah model minimalis dengan mushola ini!

  • Mushola yang Menyatu dengan Ruang Keluarga

Model rumah dengan mushola pertama yang bisa Anda terapkan adalah letak mushola yang disatukan dengan ruang keluarga. Ini adalah solusi untuk Anda yang memiliki lahan yang minim. Meski tidak berada di ruangan tertutup, nyatanya Anda tetap bisa beraktivitas dengan nyaman di mushola tersebut tanpa terganggu.

Kuncinya adalah Anda harus menggunakan sekat ruangan yang dekoratif untuk memisahkan antara zona mushola dan zona ruang komunal atau ruang keluarga. Anda juga bisa dengan lebih mudah mengakses ruangan ini dengan menyatukannya bersama ruang keluarga. Hal ini malah membuat sirkulasi di ruangan tersebut menjadi segar karena banyak yang bolak-balik.

  • Mushola sebagai Ruang Transisi

Selain itu, pada rumah minimalis, Anda juga bisa membangun mushola dan menjadikannya sebagai ruang transisi antara dua area. Penempatan seperti ini bisa dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan keamanan di ruang yang satu, sekaligus menjaga kenyamanan privasi di ruangan yang lainnya.

Anda juga bisa menyimpan berbagai barang berharga di ruang privasi tersebut. Contoh penempatannya adalah Anda bisa menaruhnya di antara ruang keluarga dan kamar tidur. Selain itu, Anda juga bisa menjadikannya ruang transisi di bagian dapur. Secara garis besar, hal ini sama saja berfungsi untuk memisahkan ruang komunal dan ruang privasi.

  • Mushola di Lantai Atas

Sedangkan bila Anda membangun rumah dengan model minimalis lebih dari satu lantai, Anda bisa meletakkan mushola di lantai atas saja. Meski agak menyulitkan untuk mencapainya, namun dengan letak mushola yang ada di lantai atas ini, Anda bisa lebih tenang dalam beribadah. Terlebih bila kamar tidur semua berada di lantai bawah.

Namun, kalau letak kamar tidur tetap di bagian atas juga, itupun tak jadi masalah. Mushola di lantai atas ini bisa jadi memiliki suasana yang lebih sejuk dan adem meski berada di dekat kamar tidur. Sebab, seperti yang Anda tahu, kebanyakan ruang keluarga yang biasa berisik ada di lantai bawah. Jadi, ibadah Anda bisa jadi lebih khusyuk dengan keadaan ini.

  • Mushola di Rumah yang Memiliki Teras Memanjang

Selain itu, bila lahan yang Anda miliki cukup luas, tak ada salahnya membuat teras yang memanjang di samping rumah untuk membuat Anda lebih nyaman. Jika begitu, artinya sebaiknya Anda juga membuat pintu tambahan di samping rumah. Nah, Anda bisa meletakkan mushola tak jauh dari pintu samping rumah tersebut.

Sehabis beribadah, Anda bisa berehat sebentar di halaman rumah yang dipenuhi dengan tanaman yang indah. Selain itu, Anda juga bisa berkumpul bersama keluarga setiap sorenya di halaman ini tanpa perlu melupakan waktu ibadah. Yup! Anda bisa pergi sebentar ke mushola yang letaknya tak jauh dari halaman samping kapan saja.

Itulah beberapa contoh desain rumah minimalis yang memiliki mushola di dalamnya. Hanya saja, untuk membuat rumah yang memiliki mushola, tentunya Anda harus memiliki dana yang sedikit lebih banyak dibanding yang biasa. Tapi, tak masalah, kan? Paling penting Anda tetap bisa beribadah dengan baik namun juga bisa habiskan waktu terbaik dengan keluarga.

shares