Tanda dan Gejala Kanker tulang

Kesehatan

Kanker yang dimulai dengan tulang disebut kanker tulang primer. Kanker tulang paling sering terjadi pada lengan dan tungkai, tetapi dapat terjadi pada tulang di dalam tubuh. Anak-anak dan remaja lebih mungkin mengembangkan kanker tulang dibandingkan orang dewasa.

Kanker tulang primer disebut “sarkoma”. Ada banyak jenis sarkoma, yang masing-masing dimulai dengan jenis jaringan tulang yang berbeda. Yang paling sering terlihat adalah: sarkoma tulang, sarkoma Ewing, dan sarkoma kartilago.

Tulang sarkoma adalah tipe kanker tulang yang paling umum pada remaja. Biasanya terjadi antara 10 dan 25 tahun. Lebih parah dari wanita. Osteosarcoma biasanya terjadi di ujung tulang, di mana jaringan tulang baru terbentuk pada masa remaja. Tulang sarkoma terutama mempengaruhi tulang panjang lengan dan kaki.

Sarkoma Ewing biasanya menunjukkan sekitar 10-25 tahun. Remaja paling terpengaruh. Kanker ini terbentuk di bagian tengah tulang tulang besar. Tulang yang paling terpengaruh adalah pinggul dan pinggul di paha, lengan. Kanker ini dapat terjadi di tulang rusuk.

Tulang rawan sarkoma terutama pada orang dewasa. Tumor ini terbentuk di kartilago (jaringan lunak di sekitar sendi).

Jenis lain dari kanker tulang termasuk: sarcoma fibrosa, tumor sel raksasa ganas, tumor tulang rawan. Orang yang berusia di atas 30 tahun jarang memiliki tipe ini.

Kanker tulang primer jarang terjadi. Di sisi lain, kanker tulang biasanya disebabkan oleh metastasis dari organ lain. Ketika ini terjadi, penyakit ini tidak disebut kanker tulang. Setiap jenis kanker dinamai berdasarkan organ atau jaringan kanker primer. Perawatan kanker tulang sekunder tergantung pada jenis kanker primer dan metastasisnya.

Kanker dimulai dengan otot, lemak, saraf, pembuluh darah, dan jaringan penghubung atau pendukung lainnya yang disebut sarkoma jaringan lunak. Itu terjadi pada orang dewasa dan anak-anak. Namun tidak dibahas di sini.

Leukemia, multiple myeloma, dan limfoma adalah sel kanker yang berasal dari sumsum tulang. Ini adalah penyakit yang berbeda dan bukan kanker tulang.

Tanda dan Gejala Kanker Tulang

Gejala kanker tulang cenderung tumbuh lambat. Tergantung pada jenis, lokasi, ukuran tumor.

Nyeri adalah gejala paling umum dari kanker tulang. Kadang tumor lunak, sedikit rasa sakit pada tulang bisa dirasakan melalui kulit. Beberapa kasus kanker tulang menghalangi fungsi normal. Kanker tulang dapat menyebabkan patah tulang.

Gejala-gejalanya tidak pasti tentang kanker, mungkin karena penyebab lain yang kurang serius. Siapa pun yang mengalami gejala ini harus berkonsultasi dengan dokter.

Faktor Resiko yang menyebabkan kanker tulang

Sebagian besar kanker tulang terjadi pada orang dengan faktor risiko yang dapat diidentifikasi. Tidak diketahui apa yang menyebabkan kanker tulang, tetapi faktor-faktor yang meningkatkan risiko kanker tulang termasuk:

  • Sindrom genetik

Beberapa sindrom herediter langka meningkatkan risiko kanker tulang, termasuk sindrom Li-Fraumeni, sindrom Rothmund-Thomson, retinoblastoma herediter, dan eksostosis.

  • Penyakit tulang Paget

Kondisi prakanker ini mempengaruhi orang tua meningkatkan risiko kanker tulang.

  • Terapi radiasi untuk kanker

Paparan radiasi dosis besar, seperti yang selama radioterapi, meningkatkan risiko kanker tulang di masa depan.

shares